blog ini membantu anda untuk menemukan info seputar kesehatan dan cara agar hidup tetap sehat

Bahaya Menkonsumsi Bakso Bagi Kesahatan


"Bakso merupakan makanan yang paling tersedia. Di mana-mana, dengan mudah dijumpai penjual bakso, dari mal hingga daerah perumahan. Biasanya bakso menggunakan daging yang berlemak tinggi yang dapat menyebabkan kolesterol dan kadang ada penjual yang memberi tambahan pengawet seperti borak yang dapat menyebakan kanker dalam jangka panjang. Trik menikmati bakso agar lebih sehat diantaranya jangan gunakan MSG. Kuah bakso yang gurih didapat karena saat meramu biasa ditambahkan MSG. Untuk menghindarinya, Anda dapat memesan agar tidak memakai MSG. Hindari menggunakan saos yang bahan bakunya tidak jelas dan mengandung pengawet. Agar tubuh mendapatkan serat, Anda bisa minta agar ditambahkan lebih banyak sayuran dalam mangkuk bakso Anda."

 Bahaya Menkonsumsi Bakso Bagi Kesahatan Tubuh
Pernah dengar Bakso formalin? Pasti pernah dong .. ! Ini kan berita lama dan sempat booming sebelumnya. Namun sayangnya, walaupun sempat ter-ekspos habis-habisan tetap saja bakso yang mengadung zat berbahaya seperti formalin masih bergentayangan.

Entah apa sebabnya, apa memang masyarakat kita sudah kelewat tidak peduli dengan kesehatannya, atau menu bakso yang kelewat lezat hingga banyak orang mengabaikan bahayanya. Terlepas dari itu ada baiknya jika kita mengetahui ciri-ciri bakso formalin dan bahayanya terhadap kesehatan kita. Mudah-mudahan mereka yang masih belum tahu dapat mengetahui dan menjadi waspada, dan bagi mereka yang sudah mengetahui, semoga dengan di refresh kembali 'pengetahuannya' dapat menggugah rasa kepedulian terhadap kesehatan.
 
Mengenali bakso yang menggunakan pengawet formalin dengan kasat mata sebenarnya gampang-gampang susah. Maksud saya, diawal mungkin Anda akan mengalami kesulitan, namun seiring waktu dan feeling yang makin terasah, Anda akan dapat dengan mudah mengetahui mana yang menggunakan formalin dan mana yang tidak. Ini terjadi pada saya pribadi.
Bakso sehat (non-formalin) memiliki tekstur agak kasar dan tidak kenyal, sedangkan bakso formalin memiliki tekstur halus dan kenyal. Maaf, saking kenyalnya serasa bakso tersebut jika Anda lempar ke lantai maka dia akan memantul.

Nah, sekarang Anda sudah bisa memilah mana bakso layak makan dan mana yang tidak. Tapi hey, Anda terlihat masih berselera dengan bakso langganan Anda yang -setelah Anda mengetahui ciri-ciri bakso formalin- 'mungkin' terindikasi mengandung zat pengawet berbahaya ini!

Baik, mudah-mudahan daftar bahaya formalin dibawah ini dapat menghilangkan selera 'menyimpang' Anda ;

  1. Reaksi instan yang timbul akibat menelan formalin adalah rasa mual, perut panas terasa terbakar, tekanan darah menurun (darah rendah), diare, sakit kepala, sakit perut yang sangat, kejang, hingga jika yang tertelan ada dalam jumlah besar bisa mengakibatkan koma.
  2. Reaksi jangka menengah dan panjang adalah rusaknya organ - organ vital tubuh Anda, seperti hati, jantung, ginjal, limpa, susunan syaraf pusat dan pankreas. Selain itu, mengkonsumsi zat berbahaya ini dalam waktu lama dapat memicu kanker.
Reaksi instan mungkin tidak akan muncul karena formalin yang tertelan berada dalam jumlah yang sedikit, hanya saja jika seseorang mengkonsumsi secara terus menerus dan dalam jangka waktu panjang, tentu resiko poin kedua akan menjadi kenyataan.

Sekedar tambahan untuk Anda bahwa formalin tidak hanya bisa terkandung pada bakso, tapi juga ikan asin, tahu, mie basah, ikan segar, atau makanan-makanan yang memiliki masa kadaluarsa yang relatif singkat.

Apapun alasannya, entah rasa lezat atau bahkan harga yang murah, bakso formalin tidak layak dan tidak pantas untuk Anda konsumsi. Masa depan Anda tidak pantas menjadi pertaruhan untuk semangkok bakso formalin yang lezat.

referensi:http://miza-elf.blogspot.com/2012/02/warning-bahaya-bakso-bagi-kesehatan.html

Bahaya Menkonsumsi Bakso Bagi Kesahatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: User