blog ini membantu anda untuk menemukan info seputar kesehatan dan cara agar hidup tetap sehat

Manfaat Buah sawo Bagi Kesehatan

manfaat-buah-sawo-bagi-kesehatanBuah Sawo bagi kesehatan – Sawo adalah tumbuhan yang hidup di daerah yang beriklim tropis. Tumbuhan ini banyak kita jumpai di daerah daerah negara asia tenggara, seperti negara kita tercinta indonesia, negara filipina, negara singapura, negara brunei darussalam termasuk tetangga kita negara malaysia dan negara asia tenggara lainnya.
manfaat dari buah sawo memang tidak terlepas karena buah ini terkandung kaya kalsium, mengandung besi dan juga kaya akan serat. Buah sawo memiliki rasa yang manis dan lezat untuk di nikmati, Kelezatannya baru bisa dinikmati ketika sudah matang. berikut ini manfaat buah sawo bagi kesehatan:

Manfaat Buah Sawo bagi kesehatan

1. Buah Sawo memiliki kandungan serat yang tinggi, oleh karena itu buah ini baik untuk pencernaan di dalam usus. Karena mampu menyembuhkan penyakit sembelit dan bertindak sebagai pencegah serangan kaker di dalam usus.
2. Buah sawo memiliki kandungan tanin yang cukup tinggi, mengandung antioksidan serta senyawa poli-fenolik. Tanin diketahui memiliki anti-parasit, antivirus, anti-inflamasi dan juga anti-bakteri. Hal inilah yang membuat buah sawo baik untuk penderita wasir dan diare.
3. Sawo mempunyai vitamin Cdan A yang cukup baik. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir. Sedangkan Vitamin C memberikan perlawanan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan penceegahan infeksi.
4. Ramuan yang terbuat dari buah sawo muda mampu mengobati sakit disentri, yaitu dengan cara mengambil buah sawo yang masih muda, haluskan kemudian di campur dengan garam secukupnya. Konsumsilah 2 kali sehari.
5. Daunnya juga bisa di gunakan sebagai obat radang mulut, caranya adalah dengan mengambil daun sawo, cuci bersih kemudian rebuslah selama 10 menit, lalu gunakan airnya untuk berkumur kumur.
6. Baik untuk pencernaan di dalam usus karena mengandung zat yang bernama inflamasi
Apasaja kandungan dalam buah sawo ?
Kandungan mineral per 100 gram buah sawo:
kalsium ……….21 mg
magnesium ……….12 mg
fosfor ……….12 mg
selenium ……….0,6 mg
seng ……….0,1 mg
tembaga ……….0,09 mg
vitamin C ……….14,7 mg
Buah sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. Buah ini merupakan sumber kalium yang baik, yaitu 193 mg/100 g. Di lain pihak, sawo juga memiliki kadar natrium yang rendah, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah.
Selain kaya kalium, sawo juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya.
Kandungan mineral lainnya per 100 gram buah sawo adalah: kalsium (21 mg), magnesium (12 mg), fosfor (12 mg), selenium (0,6 mg), seng (0,1 mg), dan tembaga (0,09 mg).
Buah Sawo mengandungan vitamin C. konsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C juga dapat berinteraksi dengan berbagai vitamin lain, seperti vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.
Buah sawo juga mengandung asam folat, 14 mkg/100 g. Asam folat diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Asam folat juga dapat membantu pencegahan terbentuknya homosistein yang sangat berbahaya bagi kesehatan.
Vitamin lain yang juga terkandung pada buah sawo adalah: riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A. Meskipun dapat digunakan sebagai sumber vitamin dan mineral, sawo sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena getahnya dikhawatirkan akan mengganggu saluran pencernaan  Itulah dia manfaat buah sawo bagi kesehatan yang perlu kita tahu, tentu saja karena buah ini sangat mudah di temui di penjuru indonesia dan memiliki harga yang cukup terjangkau. silahkan baca juga artikel

sumber:http://www.buahuntukdiet.com/manfaat-buah-sawo-bagi-kesehatan.html#